Minggu, 17 Juni 2012

Tips Jitu untuk Mendirikan Usaha..

Saat ini banyak masyarakt yang mulai mencoba peruntungannya dengan membuka usaha mandiri meskipun hanya usaha kecil-kecilan saja. Tetapi kebanyakan usaha tersebut tidak dapat bertahan lama. Hal ini karena kurang matanngnya persiapan yang perlu dilakukan dalam mendirikan usaha tersebut. Selain itu, terkadang usaha yang dibentuk hanyalah plagiat dari usaha lain yang telah ada. Menurut pengalaman dalam berbisnis yang telah dijalankan oleh orangtua saya selama 10 tahun serta membaca beberapa artikel tentang kiat-kiat dalam membangun usaha mandiri, saya ingin membagi beberapa tips yang sudah saya dapatkan.

  • Cermat dalam memilih Peluang Bisnis. Dalam point ini seorang pemilik usaha harus cermat dalam memilih usaha apa yang akan dijalankan nantinya. Selain itu, pemilih usaha harus dapat menentukan target sasaran yang ingin dituju.
  • Merancang strategi yang Jitu / Tepat. Setelah tahu bisnis apa yang akan diambil, sekarang saatnya untuk menentukan strategi yang jitu untuk usaha tersebut. Strategi yang tepat akan mengantar usaha menuju kesuksesan. 
  •  Berpikir kreatif dan inovatif . Dalam hal ini, berpikir kreatif dan inovatif sangat dibutuhkan guna untuk memberikan sentuhan-sentuhan yang berbeda dengan usaha lainnya yang ada diluar sana. Hal ini akan memberikan kesan yang unik untuk usaha anda. 
  • Berikan pelayanan terbaik. Dengan memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen akan membuat konsumen menjadi senang dan nyaman dengan usaha anda. Dan otomatis ini semua akan membuat konsumen menjadi loyal dengan usaha anda. 
  • Kerja Keras dan Semangat. Dengan memiliki semangat yang tinggi dan mau bekerja keras maka akan membuat usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan mampu bersaing dengan usaha lainnya. 
  • Pisahkan harta pribadi dan Harta Perusahaan. Menurut Fastkaya, sebaiknya sejak awal buat administrasi secara terpisah, sehingga anda bisa menilai apakah usaha anda menguntungkan apa tidak. Pemisahan harta dan administrasi keuangan ini juga berguna, jika suatu ketika usaha anda menurun, anda tak kehilangan rumah tinggal anda. Buat evaluasi bulanan, untuk mengetahui perkembangan usaha anda, bagaimana prospeknya ke depan. 
  • Evaluasi dan Perbaikan. Dan tips yang terakhir ini jangan lupa untuk diterapkan karena dengan melakukan evaluasi dalam usaha maka kita akan tahu hal-hal apa saja yang perlu untuk diperbaiki maupun hal-hal yang perlu ditingkatkan untuk kemajuan usaha tersebut. 
Sekian tips yang bisa saya bagikan. Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih...



Sumber: http://fastkaya.blogpot.com/2009/10/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar