Sabtu, 02 Juni 2012

CRM dan Ceritaku…

Hari rabu tanggal 30 Mei 2012 kemarin, dikelas E-bussines E-commerce sedang melakukan diskusi mengenai CRM. Apa sich CRM itu???
CRM atau yang sering dikenal dengan Costumer Relationship Management merupakan sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra penjualan dan pasca penjualan dalam sebuah organisasi (www.wikipedia.com). Dalam CRM lebih menekankan pada loyalitas dari pelanggan bukan pada kepuasan pelanggannya saja. CRM sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan karena melalui cara ini perusahaan dapat menilai sejauh mana pelanggan perhatian dan berminat dengan produk yang dikeluarkan. Setelah berdiskusi tentang teori-teori dalam CRM, kami melanjutkan dengan menceritakan pengalaman apa yang telah kami dapat mengenai CRM dari suatu perusahaan. Satu per satu dari teman-teman mulai menceritakan pengalaman mereka. Ada yang mendapatkan potongan harga karena telah menjadi member di salon, ada yang mendapatkan gratisan cuci motor setelah melakukan service sepeda, dan masih banyak cerita lainnya.
Lalu pengalaman yang saya miliki mengenai CRM adalah saat saya membeli cilok di depan kampus saya. Saya sering mendapatkan bonus saat membeli cilok disana. Memang kedengarannya agak aneh tapi menurut saya itu termasuk salah satu cara dari penjual agar dapat membuat pelanggannya setia dengan cilok buatannya (hehehehe..).
Pengalaman lain yang pernah saya rasakan adalah saat saya menjadi salah satu member dari restoran cepat saji KFC. Saat menjadi member disana, saya mendapatkan bonus Goceng (lima ribuan) tiap minggunya selama satu tahun setiap kali saya mendapat sms dari KFC (syarat pengambilan goceng). Dan saat saya berulang tahun, saya mendapatkan paket ulang tahun berupa 9 potong ayam ditambah dengan nasi dan softdrink juga(itu kalau nggak salah inget ya…). Ternyata banyak juga pengusaha yang mulai menerapkan CRM dalam perusahaannya. Dan apa yang telah mereka lakukan itu pastinya akan membuat pelanggan setia dengan usahanya itu aslakan dilakukan dengan cara yang baik dan benar juga. Sekian pengalaman yang bisa daya bagikan mengenai CRM. Ini ceritaku, apa ceritamu??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar